Breaking News:
|
Anda ingin beramal?, satu klik anda sangat berharga bagi kami, silakan klik iklanSittidibawah ini, setelah itu bagikan artikel ini, terimakasih kami ucapkan kepada anda

Pemerintah Lebih Prioritaskan Pelebaran Jalan Nasional

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan alokasi anggaran Kementerian Pekerjaan Umum akan difokuskan untuk pelebaran jalan-jalan nasional yang ada saat ini. “Bukan untuk membangun jalan baru. Jadi diutamakan untuk memperbesar jalan, meningkatkan kapasitas jalan nasional,” kata Menteri Djoko di Kementerian PU, Kamis, 23 Agustus 2012.

Djoko mengatakan pemerintah menargetkan setiap jalan nasional memiliki empat lajur jalan di setiap jalurnya. Menurut dia, setiap jalan nasional akan diperlebar luas lajurnya hingga menjadi tujuh meter setiap jalur. “Jadi nanti akan ada dua bahu (jalan), tujuh meter jalan, dan dua bahu (jalan) lagi. Jadi 2-7-2,” ujarnya.

Menurut Djoko, target utama pemerintah adalah meningkatkan kapasitas jalan nasional. “Jadi setiap jalur yang belum tujuh meter akan dilebarkan secara bertahap setiap tahunnya,” katanya. Hal itu disebutnya sebagai proyek yang hampir setiap saat terlihat di ruas-ruas jalan nasional.

Ia mengatakan pelebaran jalan itu sudah dimulai dan di sejumlah ruas jalan sudah memiliki empat lajur. “Dari Jawa Barat sampai ke Demak-Kudus sudah empat lajur, Kudus ke Jawa Timur juga sudah 2-7-2, yang artinya sudah sesuai standar,” katanya.

Meski begitu, dia juga mengakui sejumlah lintas jalan, seperti Lintas Tengah Sumatera, belum sesuai standar. “Itu enam meter saja belum, jadi akan segera diperlebar,” katanya.

Masalah pembebasan lahan menjadi masalah utama dari proyek pemerintah tersebut. “Apalagi kalau yang sudah masuk kota, ada toko dan ada rumah seperti di Ambarawa,” kata Djoko. Meski begitu, dia menyatakan permasalahan itu bisa diselesaikan dengan mencari jalur alternatif seperti membentuk jalan lingkar luar.

Soal pertumbuhan jalan antarprovinsi, Menteri Djoko menyatakan penambahan jalur tidak terlalu signifikan. Penambahan jalan hanya dengan membangun jalan-jalan lingkar luar untuk mengantisipasi daerah-daerah yang tidak mungkin dilakukan pelebaran jalan. “Selama bisa meningkatkan kapasitas jalan dengan pelebaran, akan kami lebarkan jalannya,” katanya

sumber :klik

Posted by Pelatihan blog4 on 11.28. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added